Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Thursday, June 09, 2005

Koneksi PC dan HP SE T230

Dengan harga tidak sampai Rp. 700.000,- per Februari 2005, tanpa IrDA apalagi Bluetooth, sepertinya jalan sudah tertutup bagi SE T230 untuk bertukar object kecuali via MMS ataupun download via GPRS. Untunglah, HP Sony Ericsson T230 ternyata memiliki kapabilitas interkoneksi dengan PC. Kita hanya bisa melakukan upload dari PC ke HP namun tidak sebaliknya karena T230 tidak mendukung protokol OBEX (Object Exchange). Walaupun hanya berkomunikasi satu arah, tapi fitur ini ternyata cukup menyenangkan dan lebih hemat biaya tentunya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk interkoneksi ini??? Sebuah kabel koneksi USB type DCU-11 dengan part number KRY 111 117 R4A (harga waktu artikel ini ditulis sekitar Rp. 180.000).


Kabel DCU-11


Download driver USB tsb dari situs Sonny Ericsson, dan download juga driver HP SE T200.
Install driver kabel DCU-11, Windows akan menambahkan port baru (di PC saya menjadi COM4), dan install driver SE T200 melalui Control Panel -> Modem dan New. Untuk mencoba koneksinya, segera query modem. Jika test koneksi sukses, download dan install FMA.

Untuk memulai koneksi, jalankan FMA dan set koneksi melalui menu Tools -> Options -> General. Set serial port menjadi COM4 (mungkin berbeda di tiap PC), baudrate 9600, RTS Handshake, DTR Handshake.
Lalu ke tab OBEX, set IRMC Sync menjadi disabled dan OBEX di enable. Segera klik button connect pada toolbar menu.

Jika sukses, kita sekarang bebas untuk melakukan transfer image, sound dan games file dari PC ke HP anda. Type image file yang didukung adalah JPEG dan GIF dengan ukuran maksimum 108 * 80 piksel. File suara yang didukung adalah MIDI dan file games yang didukung adalah mophun (mpn). Anda bisa eksplorasi file MIDI dan mophun games secara bebas di situs http://www.imserba.com.

Dengan aplikasi FMA, kita pun dapat mengambil dari HP dan menyimpan di PC informasi Phone Book dan Call transactions. Semoga berguna...

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>