Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Thursday, June 09, 2005

SAMBA bakal di KO Microsoft???

Masih seputar cekcok antara Uni Eropa dan Microsoft mengenai anti trust, Microsoft menyetujui untuk memberikan informasi seputar server interopability secara cuma-cuma, namun menolak permintaan UE mengenai klausul yang mengizinkan para pengembang free software untuk mempublikasikan source code produk hasil pengembangan dari informasi server interopability tersebut.

Dalam hal ini, Microsoft menembak secara langsung produk SAMBA yang merupakan kompetitor utama mereka untuk produk file server dan domain server. Walaupun masih sebatas proporsal, hal ini menjadi warning bagi para pengembang software tersebut. Dan para pengguna tentunya akan terkena getahnya karena hampir dapat dipastikan perkembangan software tersebut menjadi mandek.

Bila kita trace back sejarah pengembangan SAMBA sendiri, Andrew Tridgel dkk pada kenyataannya melakukan reverse engineering karena Microsoft sendiri menutup rapat informasi server interopability tersebut. Jika dilihat dari fakta ini, sebenarnya proporsal agreement dari Microsoft tersebut menjadi lucu, karena dengan keterbatasan informasi ternyata SAMBA mampu dibangun dan dikembangkan sehingga menjadi seperti sekarang ini.

Bagaimana cerita lanjutannya??? Kita lihat saja nanti...

Wassalam

(sumber zdnet)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>