Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Friday, September 16, 2005

My First Game using GameMaker



Akhirnya di-update juga ini blog setelah sekian lama menganggur...

Postingan kali cuma perkenalan GameMaker dan contoh berupa game hasil karya saya yang pertama. Game didesain dengan tools gamemaker dan pembuatannya cukup singkat, tidak sampai 3 hari. Untuk layout sesederhana game ini mungkin hampir memakan waktu hampir 2 hari sendiri, maklumlah, kurang berbakat, kurang kreatif dan kurang tekun. Kalau berminat untuk mencoba, upload aja di sini

GameMaker rancangan Mark Overmars, sangat powerful untuk mendesain game jenis arcade hingga RPG. Pada versi 5.x yang pernah saya coba, pembuatan game 3D masih membutuhkan engine tambahan (seperti rancangan abang XCeption). Namun pada versi 6.0, engine 3D sudah terintegrasi dan dengan mudah diaplikasikan sehingga untuk membuat game seperti Doom, tidak perlu algoritma yang berbelit-belit lagi.

Secara umum, saya menilai Gamemaker versi 6.0 sudah cukup matang. Dukungan untuk berinteraksi dengan library hasil kompilasi Delphi dan C pun mulai dari versi 4.x sudah tersedia. Gaya bahasa GML (GameMaker language) yang gampang dan lengkap sehingga mudah dipelajari. Feature kompilasi untuk menghasilkan executable file. IDE yang interaktif dan user friendly yang dilengkapi dengan icon yang representatif sebagai pengganti fungsi dan event, sehingga kadangkala untuk membuat game sederhana --- seperti game fly --- tidak dibutuhkan script sama sekali.

Sekarang, semuanya tinggal terbatas pada kreatifitas kita untuk membuat game yang menarik, karena sudah ada tools yang powerful untuk mewujudkan semua itu, Gamemaker.

Thanks to Mark Overmars, you've built a small tool for a big fun. Well done.

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>