Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Monday, April 24, 2006

HMail, opensource hanya untuk Windows.

Tadi pagi, barusan saja rekan kerja saya di sister company (perusahaan sekandung gitu) datang ke meja saya dan ngobrol ngolor ngidul. Dalam obrolan itu, tersebutlah satu nama proyek opensource email server, HMail (doi ngebacanya hamil). Saya belum sempat jajal nih software, namun bila dilihat sepintas fitur yang tersedia standard saja, seperti support protokol POP3, SMTP, IMAP, virtual domain, routing, mirroring, dll, tak terlihat nilai lebihnya secara fungsionalitas. Nilai komparatif yang patut ditonjolkan adalah opensource ini "dedicated for Windows" dengan keunggulan konfigurasi dan manajemen yang mudah ala Windows pula. Tidak tersedia sama sekali versi untuk platform Linux, padahal dalam asumsi banyak orang, "if you're talking about opensource, Linux is always there".

Kelihatannya, software besutan Novell ini membidik ruang alternatif MTA (Mail Transfer Agent) di Windows yang selama ini secara de facto dijajah oleh Exchange yang mungkin sudah terlalu gemuk untuk sekedar menangani email. Di posting sebelumnya saya menyinggung masalah TCO, software ini sangat bagus menjadi alternatif Exchange untuk menekan TCO di satu organisasi.

Saya belum bisa menilai lebih jauh jeroan-jeroannya HMail untuk saat ini, mungkin itu untuk jatah posting berikutnya.

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>