Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Tuesday, April 25, 2006

Oracle dan Opensource

Larry Ellison, CEO Oracle menyatakan rencana besar perusahaan yang dipimpinnya untuk membangun satu distro Linux tersendiri. Bagi saya, ini adalah rencana strategis yang cerdas. Oracle telah menjadi raja di sektor RDBMS, menjadi kompetitor utama SAP di sektor ERP dan memiliki pelbagai produk software development. Hampir keseluruhan produk-produk tersebut mampu berjalan di multi-platform. Jenis produk strategis yang belum dimiliki Oracle adalah Operating System. Pendekatan yang terbalik jika bandingkan dengan Microsoft yang memiliki OS terlebih dahulu baru kemudian merambah ke segala sektor.
Dengan brand image Oracle, tentunya kita berharap banyak pada produk OS yang akan dihasilkan nanti. Mungkin tidak bisa langsung setenar MS-Windows ataupun OS-X, namun dengan komitmen kuat Oracle yang sampai saat ini mendukung opensource dan dengan dana yang melimpah, tentunya akan banyak hal positif yang akan dirasakan dunia opensource, terutama dalam pengembangan atau penemuan teknik dan algoritma baru. Atau bahkan dengan keunggulan image dan penguasaan pasar, Oracle mampu mempengaruhi publik dengan menciptakan trend IT. Hal yang sama juga telah dilakukan oleh Sun dengan produk NFS, NIS dan Java.
Saya yakin dengan sinergi yang terbentuk dari komunitas opensource dan kontributor utama lainnya seperti Novell, RedHat, Sun dan Oracle, akan mampu menghasilkan produk-produk berkualitas yang tidak kalah dibandingkan dengan produk proprietary dan tentunya dengan harga yang sangat-sangat terjangkau.
Semoga saja kedepannya (tapi saya rasa sulit terjadi karena prinsip GPL) perusahaan yang gemar "mengakuisisi" ini tidak "memaksa" end-user untuk menggunakan produk OS milik Oracle dengan menggembar-gemborkan alasan kompabilitas dalam jajaran produk milik mereka.

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>