Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Monday, December 11, 2006

Pakai Server Branded? Susah....

Ini bentuk kekecewaan saya pada kontinyuitas peripheral pendukung server branded saya. Gimana tak kecewa saat kita sedang ketiban sial tuk berjibaku karena sebuah server "ngambek" dan ternyata kita tahu obat ngambek itu tak tersedia di Indonesia?! Dan jum'at kemarin sayalah orang yang ketiban sial itu.

File server yang merangkap email server berhenti beroperasi karena ruangan server mengalami overheat gara-gara AC mati seharian. Selidik punya selidik, akhirnya controller RAID SCSI lah menjadi sang tertuduh karena tak kuat panas. Dan ini bagian yang saya tak suka walaupun saya sudah bisa duga, peripheral tersebut tidak bisa disubtitute dengan produk manufaktur lain dan bila ingin membeli peripheral tersebut harus indent walaupun saya memesan langsung ke authorized dealer. Alasan authorized dealer itu pun selalu sama dari dulu, peripheral tersebut discontinue product. Padahal saat saya searching via internet, ketersediaan barang tersebut melimpah tapi tidak di Indonesia dan saya yakin kebijakan para dealer yang jelas-jelas mempersulit customer ini lebih diakibatkan karena kebijakan zero inventory, bukan karena produk yang diskontinyu.

Pengalaman menunggu peripheral yang indent sudah beberapa kali saya alami dan kejadian yang terakhir ini betul-betul membuat saya berpikir 16 kali untuk membuat keputusan menggunakan server branded di kemudian hari. Selama server generic bisa mengakomodir business requirement saya, lebih baik saya membangun sendiri server generic dengan kapasitas yang wah dengan ketersediaan barang yang tidak menyulitkan saat terjadi sesuatu terhadap server saya. Satu-satunya alasan yang bisa menggugah keputusan saya untuk tetap menggunakan server branded adalah saya masih mempunyai kesabaran yang tinggi dan rela untuk menunggu peripheral yang saya butuhkan saat terjadi sesuatu. He he he.

Semoga uneg-uneg saya bermanfaat buat kita semua.

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>