Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Friday, August 04, 2006

Duh, Windows Vista

Beberapa hari yang lalu, majalah Chip memberikan DVD Windows Beta 2 plus buku "36 Jam Belajar Komputer Windows Vista" karangan Budi Permana. Untuk di coba-coba katanya. Senang juga rasanya diberi kesempatan seperti ini. Tapi ternyata senangnya hanya sesaat karena kenyataannya untuk mencobanya ternyata tidak murah. Lihat saja:
  • Recommended RAM 512, untuk di kantor sih gak masalah karena ada satu PC yang dikhususkan untuk utak-atik dengan kapasitas RAM 1GB, tapi untuk trial di rumah??? Alamak, harus keluar biaya lagi, masalahnya yang nyantol sekarang cuma 128MB jenis SD-RAM pula. Mau cari SD-RAM 512 MB harus keluar biaya berapa lagi?
  • Paket dikemas dalam DVD, karena installer nya mencapai 3,8 GB. Ini jadi masalah lagi, PC khusus utak-atik di kantor pun mau tak mau harus di upgrade ke DVD reader karena yang terpasang sekarang hanya CD reader. PC saya yang di rumah juga sama, hanya CD reader.
  • Harddisk yang dibutuhkan, 8 GB. Gila. Saya sempat berpikir Microsoft bercanda. 8 GB hanya untuk OS??? Jumlah yang sama persis dengan kapasitas hardisk PC pribadi saya. Harus ditaruh dimana lagi jika saya ingin menambahkan di PC pribadi saya satu aplikasi office seperti OpenOffice yang sekitar 200MB???
  • Kalau penasaran dengan fitur Windows Aero yang menyebabkan tertundanya peluncuran Windows Vista, harus upgrade graphics card lagi yang mendukung WDDM (Windows Display Driver Model). Terus terang saya tak tahu fungsi kerjanya dan kegunaannya, lagipula, saya belum tertarik untuk mengetahuinya.
Keputusan akhir saya, setelah melihat kondisi di atas, simpan dulu paket Windows Vista Beta 2 ini di laci sampai batas waktu tak ditentukan dan buku karangan mas Budi Permana sementara dibuat pajangan dulu. Maaf ya mas Budi Permana.
Hi hi hi.

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>