Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Monday, October 02, 2006

Xen

Daku berinisiatif untuk mencoba produk virtual server ini pagi ini. Tapi sayangnya, malah kegagalan yang didapat. Tapi tak seluruhnya gagal, karena kegagalan yang saya dapatkan hanya kegagalan untuk menginstall dan mengkonfigurasi server agar Linux dan Windows dapat berjalan seiring dalam satu mesin. Sedangkan menyandingkan Linux dengan distro yang berbeda sudah tak ada masalah, mungkin percobaan berikutnya adalah Linux dan disandingkan dengan OpenSolaris.

Selidik sana dan sini, ternyata untuk menyandingkan Linux dan Windows sebagai guest OS nya dibutuhkan processor dengan fitur VT Enabled untuk Intel atau V-Enabled untuk AMD. Dan apesnya, processor saya hanya berselisih sedikit saja dari official list yang dikeluarkan oleh Xen. Disana tertulis, Xen minimum requirement, untuk processor AMD minimum Athlon64 3000+ dan seri yang saya gunakan adalah AMD Athlon64 2800+. Padahal, hardisk dengan ukuran 160GB sudah saya sediakan untuk keperluan ini. Artinya saya menunggu timing yang pas untuk upgrage AMD Athlon64 saya karena processor yang saya gunakan saat ini masih relatif baru.

Ya sudahlah. Sekarang, terpaksa saya mencoba alternatif lain, qemu, walaupun secara teknis dibandingkan dengan Xen, qemu akan membuat system mengalami degradasi performance secara signifikan.

Tak ada akar rotan pun jadi.

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>