Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Tuesday, August 01, 2006

Monster Batuk.

Iseng-iseng, daku membaca beberapa artikel SuperVolcano di beberapa situs. Terungkap, sekitar 74.000 tahun lalu, di wilayah Toba yang terkenal dengan danaunya yang eksotis, pernah terjadi "batukan" maha dahsyat yang dihasilkan dari satu gunung berapi yang dikategorikan "Super Volcano" oleh para ahli.

Data statistiknya pun mencengangkan. Erupsi yang dihasilkan sekitar 2800 kubik per km, berada diatas Super Volcano lainnya Yellow Stone di dataran Amerika sono (2500 kubik per km). Dengan letusan sedahsyat itu, letusan Gunung Krakatau tahun 1883 bagaikan seperti bayi. Bandingkan saja, letusan Gunung Tambora (1815) yang "hanya" menghasilkan erupsi 50 kubik per km atau Gunung Krakatau (1883) yang "cuma" 10 kubik per km. Padahal, dua "bisul bumi" terakhir yang disebutkan termasuk gunung dengan erupsi terbesar dalam 2 abad terakhir.

Erupsi monster ini diperkirakan telah terjadi 3 kali, sekitar 840.000, 700.000 dan 74.000 tahun yang lalu. Dapat dibayangkan dahsyatnya letusan yang terjadi pada saat itu. Temperatur udara di dataran tertinggi saat letusan terjadi naik hingga 21 derajat celcius. Dari salah satu artikel surat kabar nasional yang pernah membahas monster ini, sesaat setelah letusan terjadi, bumi dinaungi oleh asap dan kabut tebal selama kurang lebih 2 tahun dan iklim di bumi berubah secara drastis. Suhu di bumi turun hingga 3.5 C selama beberapa tahun akibat terhalangnya sinar matahari. Dataran India menerima kiriman debu hingga 15 cm tebalnya. Bahkan di salah satu tempat di India Tengah ada yang mencapai 6 m. Seorang pakar Ilmu Bumi dari Monash University, Australia mengatakan, letusan tersebut telah menciptakan kawah baru seluas 90 km persegi. Kawah inilah yang sekarang telah terisi oleh air dan dikenal dengan Danau Toba. Lebih seru lagi, kebanyakan ahli geologi dan volcanologi menyimpulkan, monster ini sedang tidur sekarang dan sewaktu-waktu dapat terbangun kembali dengan "batuk" yang kurang lebih sama dahsyatnya.

Ah, betapa kecil dan lemahnya manusia yang dalam perjalanan hidupnya selalu berusaha menantang dan menaklukkan alam.

Wassalam

Sumber:
http://en.wikipedia.org/
http://ees2.geo.rpi.edu/rob/pdf/mastur_01.pdf#search='Toba%20Caldera'
http://volcano.und.nodak.edu/vwdocs/volc_images/southeast_asia/indonesia/toba.html
http://pubs.usgs.gov/fs/2005/3024/

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>