Corat Coret

Just corat-coret... Take it easy. I'm not teaching, but I'm just learning.

Tuesday, August 08, 2006

Perkalian Negatif

Anak-anak sudah mulai masuk sekolah kembali, termasuk anak saya yang terbesar sudah mulai menginjak sekolah dasar. Anak-anak sudah mulai dijejali dengan mata pelajaran matematika dasar yang jadi bahan obrolan para orang tua di kantor hingga ada satu yang melemparkan pertanyaan,

"Mengapa negatif dikali negatif selalu menghasilkan nilai positif. Saya ingin menjelaskan prosesnya kepada anak saya, bukan sekedar penjelasan hukum buta doang?"

Semua yang ada diruangan termasuk saya jadi tercekat, tak bisa menjelaskan secara gamblang pertanyaan sederhana. Ternyata kita para orang tua pun sudah termakan hukum buta. Selama ini yang ada dikepala saya, plus dikali plus hasilnya plus, minus dikali plus hasilnya minus, minus dikali minus hasilnya plus tanpa mengetahui proses dasarnya.

Bila perkalian antara plus dan minus yang menghasilkan minus saya bisa menjabarkan secara sederhana. Karena perkalian adalah penjumlahan berulang sebanyak n kali, maka -2 x 3 bisa diuraikan menjadi -2 + -2 + -2. Tapi untuk perkalian minus dan minus, jujur saya bingung menggambarkannya. Akhirnya Mr. Google pun dipakai dan ada penjabaran yang memuaskan saya dan rasanya akan gampang saat menjabarkan kembali ke anak saya nanti.

Doctor Robert, demikian nama orang yang menjabarkan, memberikan pernyataan bahwa matematika mengandung unsur logika. Dalam kasus ini, logika digunakan dalam melihat pola:
2 x 3 = 6
2 x 2 = 4
2 x 1 = 2
2 x 0 = 0
2 x -1 = ?
Pola dari hasil diatas akan dengan mudah dijawab (berdasarkan dari pengurangan 2) maka jawaban 2 x -1 = -2.

Sekarang, kita lihat pola berikutnya:
-2 x 3 = -6
-2 x 2 = -4
-2 x 1 = -2
-2 x 0 = 0
-2 x -1 = ?
Jawabannya tentu 2 sesuai dengan pola (penambahan 2).

Dari penjabaran diatas, maka kita dapat menyusun tabel perkalian yang gampang untuk dilihat.












Saran saya, buat tabel seperti diatas dengan spread sheet, di cetak dengan font yang besar dan jelas lalu segera ditempelkan di rumah demi anak anda. Mudah-mudahan berguna.

Wassalam

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

/body>